Ini Kegiatan Blogwalking yang Semestinya Dilakukan Blogger

Dalam dunia blogging sering kali kita mendengar istilah blogwalking. Bagi para blogger mungkin istilah blogwalking sudah tak asing lagi, namun sayang terkadang para blogger kurang paham betul bagaimana blogwalking yang semestinya. Kegiatan blogwalking atau berkunjung ke blog orang lain harus kita gunakan dan manfaatkan sebaik mungkin untuk sesuatu yang bermanfaat.
Ini artinya kegiatan blogwalking yang kita lakukan jangan hanya sekedar berkunjung ke blog orang lain. Harus ada saling memberikan keuntungan timbal balik (simbiosis mutualisme) antara si pengunjung blog dengan si pemilik blog, tak boleh hanya salah satu saja. Terutama bagi para pengunjung blog atau yang melakukan blogwalking, sudah seharusnya Anda mendapatkan manfaat dari kegiatan blogwalking yang Anda lakukan.

Lalu, bagaimana cara memperoleh manfaat saat berkunjung ke blog orang lain? Blogwalking memiliki banyak manfaat jika Anda mampu memaksimalkannya. Berikut beberapa cara dan tehnik yang semestinya Anda perhatikan saat melakukan blogwalking agar kegiatan tersebut tidak sia-sia.

1. Baca Dulu Isi Artikel Sebelum Berkomentar

Daftar Isi




Salah satu hal yang sering dilakukan sebagian besar blogger saat blogwalking adalah tidak membaca seluruh artikel yang di blog yang mereka kunjungi. Jelas ini adalah sesuatu yang tidak baik. Jika hal ini dilakukan biasanya yang terjadi adalah mengirimkan komentar yang salah atau nggak nyambung dengan artikel.  Komentar yang salah atau nggak nyambung tentu saja akan membuat reputasi kita menurun, baik itu di mata si pemilik blog yang kita komentari maupun pembaca lainnya.
Maka saat akan berkomentar di blog orang lain, biasakan dulu membaca artikelnya dengan tuntas. Membaca saja kadang kita belum tentu paham, apalagi tidak membaca. Jika dari awal Anda sudah tak berkenan atau tak berminat dengan topik di dalam sebuah blog, maka lebih baik ditinggalkan saja blognya dan tidak usah berkomentar, dari pada nanti salah komentar dan membuat reputasi kita jelek.

2. Jangan Asal Berkomentar

Setelah kita baca seluruh artikel maka saatnya untuk meninggalkan jejak (berkomentar). Berkomentar dalam blogwalking adalah hal yang wajib, tak bisa dibantah. Berkunjung ke blog orang lain tanpa berkomentar bisa dianggap tak melakukan blogwalking. Maka berkomentar adalah hal yang penting dan terpenting dalam blogwalking. Namun memberi komentar pada blog orang lain tak boleh sembarangan. Komentar yang kita berikan harus bisa membuat nama dan blog kita mendapat reputasi baik, inilah yang disebut tehnik meningkatkan personal branding.
Lalu bagaimana komentar yang dapat meningkatkan personal branding itu? Yang pasti komentar itu harus baik, sopan, memberikan value tambahan terkait dengan artikel, dan yang terpenting harus menarik. Mengapa harus menarik? Komentar yang menarik akan memberikan pengaruh positif bagi orang lain dan membuat orang lain tertarik ingin lebih mengenal kita dan blog kita.

3. Mempromosikan Blog Kita

Saat berkomentar hal penting yang juga perlu dilakukan adalah meninggalkan jejak blog kita. Tak perlu sungkan dan gengsi dengan hal ini. Karena dengan meninggalkan link blog kita di blog yang kita kunjungi, maka kita sudah saling memperkenalkan diri sebagai sesama blogger dan memperkenalkan blog yang kita miliki. Namun, sebaiknya jangan memasang URL blog di dalam komentar, tambahkan URL blog Anda pada kolom yang sudah disediakan.

4. Blogger Biasanya Saling Follow

Saat blogwalking hal yang seringkali menjadi hambatan untuk bersilaturahmi dalam waktu yang lama adalah keengganan para blogger untuk saling follow. Tentu hal ini tidak baik bagi para blogger tersebut.
Untuk membuat blogwalking dan perkenalan ini berlanjut terus-menerus, kegiatan saling follow seharusnya dilakukan antar kedua belah pihak. Sebagai sesama blogger seharusnya punya intuisi untuk saling follow blog, bukan menunggu difollow dulu baru memfollow balik.

5. Dapatkan Ilmunya

Ini yang terpenting dan inti dari kegiatan blogwalking. Saat kita berkunjung ke blog orang lain, tentu kita akan membaca isi artikel blog tersebut, dan pasti mengandung wawasan dan ilmu tentang sesuatu. Maka dapatkan hal itu dengan membaca artikelnya dengan tuntas. Banyak hal yang kita belum kuasai, dan pengetahuan itu dimana-mana, termasuk di blog orang lain. Bukan tidak mungkin sesuatu yang selama ini kita cari ada di blog yang sedang kita kunjungi.
Yang pasti saat kita blogwalking, kita harus mendapatkan sesuatu (pengetahuan) dari blog yang kita kunjungi. Jangan asal blogwalking tanpa mendapat ilmu apa-apa. Maka usahakan blog dan bacaaan yang kita tuju memberikan ilmu lebih bagi kita sebagai pengunjung blog. Semoga artikel ini bermanfaat, dan salam blogger :)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url