48+ Daftar Negara-Negara di Benua Asia Beserta Ibukotanya (Timur,Barat, Selatan dan Tenggara)

Negara di Benua Asia – Benua asia adalah benua dengan penduduk terpadat didunia.
Benua asia mencakup 8,7% dari total luas permukaan bumi, ia ditempati sekitar 4,3 milyar jiwa atau 60% dari jumlah populasi manusia dimuka bumi ini.

Benua Asia dan benua eropa saling berbatasan dan terhubung lewat darat dan membentuk suatu benua raksasa yang dinamai Eurasia.
Batas yang biasa dipakai untuk memisahkan kedua benua adalah berupa lautan, selat, sungai ataupun pegunungan. Adapun batas wilayah Benua Eropa dan Asia tidak spesifik. Sehingga beberapa negara bisa termasuk ke benua Asia ataupun Eropa seperti misalnya Turki dan Rusia.
Benua Asia terdiri dari beberapa bagian, diantaranya adalah Asia tengah, Asia timur, Asia Selatan, Asia barat (timur tengah) dan juga Asia tenggara.
Asia terdiri Negara maju dan Berkembang. Negara- negara ditimur Asia, seperti Jepang, Tiongkok ataupun Korea tergolong negara yang makmur dan lebih maju daripada negara-negara


Berapa Jumlah Negara di Asia?
Jumlah negara di Asia tidak dapat disebutkan secara spesifik. Karena ada beberapa negara yang dapat digolongkan kedalam Eropa dan Asia (Trans Benua), seperti Turki, Georgia, Armenia, Mesir dan Rusia.
Di Asia, terdapat pula daerah yang diberi status Administratif khusus seperti Hongkong dan Macau yang sebetulnya bagian dari Tiongkok (China).
Mengutip data dari wikipedia jumlah negara di Benua Asia adalah 49 Negara. Sedangkan beberapa situs lain di luar negeri ada yang menyebut angka 46, 47 atau 48.

Daftar Isi Artikel [buka]

Daftar Negara di Benua Asia

daftar negara di benua asia
google images
Berikut ini adalah negara- negara di benua Asia beserta dengan Ibukotanya yang dibagi menjadi negara di Asia barat (timur tengah), asia timur, asia tengah dan juga Asia Tenggara. di Benua asia terdapat lebih dari 40 negara dan Indonesia adalah salah satu negara yang ada di Benua Asia

Letak Benua Asia

Secara Astronomis, benua ini terletak antara 11⁰LS – 80⁰LU dan 26⁰ BT – 170⁰BB.
Secara Geografis Batas benua Asia adalah :
  • Sebelah utara : Daratan Eropa, Samudra Artik
  • Sebelah timur : Samudra Pasifik dan Selat Bering
  • Sebelah selatan : Samudra Hindia,
  • Sebelah barat : Laut Merah, Benua Afrika

Peta Benua ASIA

Berikut ini adalah gambar dari peta benua Asia. Silahkan klik bagian apapun dalam peta untuk memperbesar ukuran gambar.
alearningfamily.com
ie-wallpapers.com


Fakta Unit Negara- Negara Asia


negara di benua asia
rwth-aachen.de
Berikut Ini Beberapa Fakta Tentang Negara Negara di Asia
  1. Asia dihuni oleh lebih dari 4 milyar orang, itu artinya jumlah tersebut melebihi jumlah populasi masyarakat di benua lainnya. Bahkan jika penduduk di 6 benua lainnya digabungkan.
  2. Arab Saudi adalah negara yang paling banyak di datangi oleh umat Muslim utamanya untuk melaksanakan Ibadah Haji atau Umroh, namun, tahukah anda bahwa ternyata Arab Saudi adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak mempunyai sungai. Hmmmh
  3. Karena polusi, udara segar sangat sulit ditemui di Tiongkok. sampai-sampai masyarakatnya rela membeli Udara Segar yang dijual dalam bentuk kemasan. #Aneh
  4. Singapura yang bertetangga dengan Indonesia, tidak memiliki lahan pertanian. mereka mendesain Negara sebagai kota urban.
  5. India dan Tiongkok adalah 2 negara di Asia yang memiliki penduduk lebih dari 1 milyar jiwa.
  6. Di Tiongkok, biasanya orang memberi nama bayinya sesuai dengan peristiwa besar yang terjadi di masa tersebut. tak heran ketika perhelatan Olimpiade 2008 lebih dari 4000 orang tua menamai anaknya Aoyun atau Olimpiade.
  7. Tembok China memiliki panjang lebih dari 20 ribu kilometer. Itu sebabnya cuma titik tertentu saja yang sanggup dijelajahi para wisatawan.
  8. Hanya ada 2 tempat yang menjadi habitat orang utan liar di dunia, yaitu Pulau Borneo dan Sumatera.
  9. Indonesia adalah negara dengan kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau di seluruh wilayahnya.
  10. Perayaan natal di Korea Utara dilarang. sebagai gantinya setiap tanggal 25 Desember mereka memperingati hari ulang tahun nenek Kim-jong un.
  11. Jumlah penduduk Indonesia ternyata masih kalah dengan jumlah sapi yang hidup di India. disana tercatat ada sekitar 270 juta sapi yang sangat dikultuskan oleh warganya.
  12. Asia tenggara atau biasa disebut ASEAN jumlah negaranya adalah 11 dan Salah satunya adalah Republik Indonesia.
  13. Bahasa yang paling banyak digunakan di dunia ternyata bukan bahasa Inggris melainkan bahasa Mandarin. Bahasa tersebut memiliki sekitar 1,4 Milyar penutur.
  14. Selain benua Afrika, hewan-hewan langka yang keberadaannya dilindungi dan hampir punah juga terdapat di Benua Asia, diantaranya Komodo, Harimau Sumatera dll.


Nah, itu tadi artikel singkat mengenai daftar negara negara di benua Asia mulai dari Asia barat, timur, tengah utara dan juga Asia tenggara beserta nama Ibukota dan juga penjelasan singkatnya. Semoga Bermanfaat dan #Wassalam
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url