Jelaskan cara-cara para pelaku usaha makanan dalam membagi target pasar!

1. Mengerti Terhadap Pasar
Dalam menjalankan bisnis, kita harus mengerti dan paham terhadap pasar. secara singkat kita harus tahu kemana arah kita dalam berbisnis, siapa target pasar kita dan akan menjadi seperti apa target pasar tersebut. untuk dapat mengerti terhadap pasar, kita harus melakukan survei yang baik. sehingga hasil survei akan menunjukkan apa yang paling dibutuhkan oleh target pasar dalam suatu daerah atau lokasi.

2. Lokasi yang Strategis
Lokasi merupakan faktor penentu dalam bisnis, ada kalanya kita harus melihat kebutuhan pelanggan dalam lokasi tersebut dan hal yang mempengaruhi pelanggan dalam melakukan transaksi dengan bisnis kita. sebagai contoh, membuka usaha foto copy, pelanggan pasti akan memilih lokasi yang tidak jauh dari tempat beraktivitas, misalnya dekat dengan kampus, sekolah, dll. dan lokasi tersebut sebisa mungkin harus bebas biaya parkir. jangan sampai pelanggan merasa dirugikan karena memfotocopy sebanyak Rp. 500, tetapi harus membayar biaya parkir sebesar Rp.2000

3. Promosi Yang Baik
Promosi menjadi suatu strategi dalam bisnis, kalau kita telah lama melaksanakan bisnis dan memiliki pelanggan yang banyak. tidak menjadi masalah jika tidak melakukan promosi, karena sudah memiliki pelanggan tetap. tetapi jika kita baru memulai usaha baru, kita harus gencar-gencarnya melakukan promosi, hal ini dilakukan dengan tujuan menarik minat pelanggan dan agar pelanggan baru betah berbisnis dengan kita.

4. Menggunakan Internet Marketing
Internet adalah suatu alat yang begitu amazing dan dapat digunakan dalam melakukan hal yang amazing pula. seperti misalnya melakukan promosi dengan Internet, atau bahkan Membuka usaha dengan internet (contoh : Online Shop). Kita dapat menggunakan fasilitas internet untuk menambah pelanggan.

5. Menjalin Hubungan baik dengan Pelanggan.
Orang Padang memiliki semboyan dalam Bisnis mereka (bisnis Nasi Padang) seperti semboyan, "Jika Senang bilang dengan Orang, Jika tidak Senang bilang dengan Kami". Ini menjadi semboyan yang baik dalam melakukan bisnis. jika dengan pelanggan kita menjalin hubungan yang baik. maka pelanggan tersebut secara otomatis akan menyampaikan dengan yang lain untuk berlangganan dengan bisnis kita.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url