Apa yang dimaksud dengan Au Bain Marie, Simmering, dan Blanching?

Au Bain Marie
Teknik memasak Au Bain Marie dikenal juga dengan mengetim. Teknik memasak ini biasanya menggunakan dua panci sekaligus, panci yang satu berukuran cukup besar dan panci satunya berukuran lebih kecil. Panci dengan ukuran lebih besar dipakai untuk merebus air hingga mendidih, lalu panci yang lebih kecil diletakan diatas panci besar. Biasanya dilakukan untuk membuat nasi tim atau untuk melelehkan cokelat dan mentega.

Simmering
Simmering adalah teknik merebus menggunakan api kecil. Takaran air tidak lebih banyak dari takaran bahan makanan, bisa juga menggunakan bahan makanan cair, seperti sauce yang dididihkan. Teknik merebus ini berbeda dengan boiling yang hanya memerlukan waktu sebentar, simmering butuh waktu yang cukup lama dalam merebus. Teknik memasak ini biasanya digunakan untuk merebus daging, merebus tulang, membuat kaldu, membuat semur, soto atau rawon.

Blanching
Blanching adalah teknik merebus dengan cara yang agak berbeda dari biasanya. Bahan makanan yang hendak direbus dicelupkan dalam air mendidih yang diberi sedikit garam, dalam waktu singkat. Setelah dicelupkan dalam air mendidih, bahan makanan tadi disiram dengan air dingin untuk menghentikan proses pemanasan bahan makanan yang terlalu lama. Selain menggunakan air, blanching juga bisa menggunakan minyak mendidih. Tujuan blanching adalah membuang kotoran pada bahan makanan, membersihkan atau membuang kulit bagian luar, memasak bahan makanan setengah matang atau melindungi lapisan luar bahan makanan sebelum diolah. Bahan makanan yang biasa direbus dengan teknik blanching adalah sayuran, tomat, daging atau tulang.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url