Cara Menanam Bunga Dandelion dan Perawatan

Hasil gambar untuk menanam bunga Dandelion

Bunga dandelion merupakan jenis bunga yang awalnya berasal dari tanaman liar. Dandelion sendiri bukan merupakan bunga yang berkelopak indah seperti mawar, atau bunga yang berwangi harum seperti bunga melati. Lebih dari itu bunga dandelion adalah bunga yang melambangkan kesederhanaan, kesetiaan dan kekuatan.
Bagaimana tidak dandelion dapat tumbuh di tempat manapun, dari tebing yang curam, semak belukar hingga tempat tempat yang tidak mudah di jangkau oleh makhluk hidup. Dari sinilah dandelion memiliki keistimewaan sendiri di mata para pecintanya. Warna bunganya yang putih dengan bentuk bulat, dengan biji biji buah yang banyak. Biji inilah yang digunakan sebagai benih untuk memperbanyak tanaman dandelion.
Di habitat alaminya di alam liar, perbanyakan dandelion menjadi tanaman baru di bantu oleh angin. Saat buah sudah masak, maka buah yang beratnya ringan akan di terbangkan oleh angin ketempat tempat yang jauh. Itulah, mengapa dandelion merupakan bukti kearifan alam. Setiap benih yang terbawa oleh angin, dapat tumbuh dengan baik meskipun pada tempat yang ekstrim.
Hal ini membuat dandelion menjadi tanaman yang istimewa. Dalam berbagai filosofi meniup bunga dandelion menjadi simbol pengharapan. “Blow a dandelion and make a wish“. Selain itu juga, ada yang menggunakan bunga dandelion sebagai alat meramal. Ketika kita meniup kepala bunga dandelion hingga benihnya terbang, maka jumlah benih yang terbang tersebut merupakan jumlah anak yang akan kita miliki dimasa yang akan datang.
Selain itu juga, ternyata bunga dengan nama latin Taraxacum officinale ini memiliki manfaat di bidang pengobatan herbal. Metode penggobatan menggunakan tanaman dandelion telah dipercaya oleh masyarakat berbagai penjuru negeri. Tentu saja hal ini semakin menguatkan keinginan untuk menanam dandelion bukan? Berikut cara menanam bunga dandelion beserta manfaatnya bagi kehidupan . Simak selengkapnya.
1. Menyiapkan Benih Tanaman Dandelion
Jika sebagian dari anda berjiwa petualang, mencari benih dandelion di alam bisa menjadi hal yang menyenangkan. Namun, jika anda hanya orang biasa yang ingin mencoba menanam dandelion saja. Tentu terlalu repot  jika harus pergi ke alam habitat dandelion hanya untuk mengambil benihnya.
Belum lagi jika anda tidak tau kriteria benih dandelion yang siap tanam. Cara paling praktis yang bisa dilakukan adalah membeli benihnya di toko bunga. Atau anda juga bisa memesan melalui toko daring, ada banyak toko daring yang menjual benih dandelion kok. Ada beberapa kriteria benih baik, yang patut anda perhatikan seperti di bawah ini :
  • Terdapat berbagai macam varietas dandelion namun yang paling banyak dibudidayakan adalah dandelion umum (T. officinale).
  • Ketahui pengetahuan dasar tentang tanaman dandelion agar anda tidak tertipu.
  • Biasanya benih yang di jual berisi 50 biji/bungkus, dengan harga 10 ribu an.
  • Pastikan benih yang dibeli sudah siap di tanam, dan tidak memerlukan perlakuan tambahan lainnya.
  • Untuk informasi lengkap mengenai benih anda bisa menanyakannya kepada penjual dengan sedetail detailnya. 
2. Menyiapkan Lokasi Tanam yang Ideal
Untuk mempertahankan agar sesuai dengan habitat asli, maka anda dapat menanam bunga dandelion di pekarangan. Sehingga dengan begitu maka pesona keindahan dandelion dapat anda nikmati seperti di alam aslinya. Berikut tahapan menyiapkan lokasi tanam yang ideal bagi tanaman dandelion :
  • Pilih lokasi yang terbuka dan terkena cahaya matahari langsung.
  • Buat lubang tanam dengan kedalaman 20x20x20 cm.
  • Tambahkan 1-2 kg pupuk kandang kedalam lubang tanam.
  • Kemudian diamkan selama 1 minggu.
  • Gemburkan juga tanah disekitar lubang tanam.
  • Setelah, 1 minggu anda dapat melakukan penanaman bibit dandelion. 

3. Menanam Tanaman Dandelion
Ada dua metode yang dapat digunakan untuk menanam bunga dandelion. Pertama, anda bisa menyemainya terlebih dahulu di polibag, baru kemudian setelah benih tumbuh anda bisa menanamnya di lahan tanam. Sedangkan cara kedua, anda langsung menanam biji benih dandelion kedalam lubang tanam.
Kedua cara diatas tentu memiliki kepraktisan, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Disini kami merekomendasikan cara pertama karena, angka kehidupan bibit akan lebih tinggi dibandingkan cara kedua. Berikut tahapan lengkapnya :
  • Sebelum ditanam, sebaiknya benih disimpan di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Siapkan media tanam dalam polibag dengan tanah halus dan pupuk kandang dan sedikit pasir.
  • Campurkan campuran media hingga merata.
  • Lubangi bagian bawah polibag agar air dapat keluar.
  • Setelah media siap di dalam polibag, kemudian tanamkan biji dandelion.
  • Lakukan penanaman pada pagi atau sore hari, saat cuaca tidak terlalu terik.
  • Setelah ditanam kemudian siram polibag menggunakan air secukupnya.
  • Jika biji keluar dari permukaan media, maka tambahkan media hingga biji tertutup tanah.
4. Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman
Pemeliharaan dan perawatan tanaman dandelion tidaklah sulit, dan hampir sama dengan pemeliharaan tanaman hias lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah penyiraman, pemupukan dan penyiangan. Untuk penyiraman lakukan secara rutin setiap 2 kali dalam sehari. Sedangkan pemupukan cukup berikan pupuk kandang setiap 3 minggu sekali pada bagian tajuk tanaman. Serta jangan lupa untuk melakukan penyiangan secara rutin agar tidak ada gulma yang menganggu pertumbuhan tanaman.
5. Masa Berbunga 
Setelah 3 bulan setelah tanam, tanaman dandelion akan mulai berbunga. Meskipun dalam cuaca yang cukup ekstrim bunga dandelion tetap dapat menghasilkan bunga. Pada saat awal berbunga, bunga akan berwarna kuning. Sedangkan bunga akan semakin putih saat mulai menua.
Kepala bunga berdiameter 2-5 cm dan seluruhnya terdiri dari sinar kuntum. Bunga yang matang kemudian akan berubah menjadi kepala jam, berbentuk bulat seperti jam. Buah buah ini saat masak kemudian akan diterbangkan oleh angin jarak-jauh.

6. Manfaat Tanaman Dandelion 
Selain indah, tanaman dandelion juga memiliki manfaat lain. Bagian daun muda tanaman dapat digunakan sebagai salad. Sedangkan bagian umbinya jika dibakar dapat dijadikan sebagai pengganti kopi. Selain itu tanaman dandelion juga merupakan sumber vitamin H yang baik bagi tubuh, dan dapat membantu menurunkan berat badan secara alami.
Itulah tadi cara menanam bunga dandelion beserta manfaatnya bagi kehidupan. Meskipun tanaman liar namun, filosofi hidup bunga dandelion patut kita tiru. Dimana ia dapat tumbuh dimanapun meskipun di tempat yang ekstrim dan gersang ia tetap dapat tumbuh dan berbunga. Sejatinya, seharusnya begitulah kehidupan. Sekeras apapun dan sesulit apapun kehidupan yang dijalani, maka kita harus tetap tumbuh dengan indah.
Tetap semangat dan tidak berputus asa saat menghadapi kesulitan, itulah yang bisa dipelajari dari si cantik nan sederhana dandelion. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat membantu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url