6 Cara Budidaya Pohon Anting Putri dengan Mudah

Hasil gambar untuk Pohon anting putri

Setiap orang pasti menginginkan halaman rumah yang indah dan penuh dengan taman. Tak hanya rumah, tapi bagian halaman sekolah atau kantor pun akan lebih indah dan sejuk ketika ada taman di bagian depannya. 

Tak hanya tanaman tahi ayam, euphorbia juga merupakan salah satu jenis anggota tanaman yang indah dan bisa kamu dapatkan dengan mengembangbiakkannya sendiri.Ada berbagai tanaman yang bisa kamu gunakan sebagai taman bunga seperti tahi ayam. Ya, bunga yang berwarna kuning itu sangat indah ketika tumbuh subur di halaman depan dalam jumlah yang lumayan banyak.
Kali ini kita akan mengupas lebih detail tentang salah satu tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai tanaman hias yaitu anting putri. Meski demikian, apapun jenis tanaman yang akan kamu tanaman asal pemeliharaannnya bagus, tanaman tersebut pasti akan terlihat indah. Sebelum mengulas lebih lanjut tentang cara budidaya pohon anting putri dengan mudah.
Tentang Anting Putri
Tahukah kamu apakah pohon anting putri? Sebelumnya, kamu harus tahu jika bonsai anting putri yang mempunya istilah latin Wrightia Religiosa tersebut adalah salah satu dari 23 spesies tanaman yang masuk dalam kategori famili Apocynaceae.  Tumbuhan tersebut memiliki bentuk daun yang kecil berwarna hijau. Bentuk bunganya pun canting dan mirip sekali dengan bunga melati.
Perlu diketahui jika tanaman bonsai tersebut berasal dari daerah tropis yanitu Afrika, Asia, dan juga Australia sehingga jika kamu hendak menanamnya dijamin langsung tumbuh. Meski tumbuhan ini punya bentuk bunga yang indah, banyak yang mengira tanaman ini sebagai semak atau tanaman liar di habitat aslinya. Berbeda ketika kamu menanamnya di daerah sub tropis seperti Jepang. Karena bukan habitatnya, tumbuhan anting putri tersebut dijadikan sebagai tanaman hias atau tanaman pagar. Tak heran bonsai tali putri tersebut sangat populer di Jepang.
Ciri Anting Putri
Tanaman antri putri atau lebih dikenal bonsai jasmine kini pun mulai dilirik oleh kolektor tanaman hias karena ciri-ciri berikut.
  1. Daun tanaman anting putri tersebut memiliki bentuk yang unik. Warnanya hijau kekuningan dan memiliki bunga yang mengeluarkan aroma harum meski bentuknya mungil.
  2. Tanaman anting putri tersebut dominan warna hijau sehingga bunganya yang putih tersebut membuatnya mencolok dan menarik perhatian.
  3. Meski termasuk tanaman hias, namun anting putri ini mudah tumbuh dimana saja asal kondisi lingkungannya tepat.
Meski tanaman anting putri mudah tumbuh dimana saja, namun perlu diperhatikan cara perawataanya karena ia tak akan bisa tumbuh dengan optimal tanpanya. Misalnya saja penyiraman, pemupukan, dan juga penyiraman yang diperlukan.  

Cara Membuat Bonsai Anting Putri
Pasti ada yang berpikir bagaimana kalau memiliki bonsai anting putri sebagai salah satu tanaman hias di halaman rumah? Tidak sulit lho cara membuatnya! Simak 6 cara budidaya pohon anting putri dengan mudah berikut ini.
  1. Cara pembuatan bonsai anting putri ini sangat mudah dan mirip dengan cara membuat bonsai pohon cemara. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari atau memilih jenis tanaman anting putri yang bagus terlebih dahulu untuk dijadikan bonsai. Ya, tentu jika ingin memiliki anakan yang bagus diperlukan induk yang berkualitas bukan?
  2. Bagaimana cara pemilihan indukan tanaman anting putri yang bagus? Diantaranya yang memiliki batang kokoh dan kuat. Kalau bisa pilih yang bentuknya unik. Mengapa harus demikian? Tujuan memilih batang yang kuat supaya memudahkan kita dalam melilitkan pada kawat sehingga batang tersebut tidak mudah rusak dan bisa tetap tumbuh dengan baik. Atau jika tidak ingin repot kamu bisa langsung membeli pohon anting putri yang berkualitas dari kios-kios tanaman hias.
  3. Setelah menentukan jenis tanaman anting putri yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan media tanamnya. Bagaimana caranya? Untuk media tanam anting putri, cukup dengan campuran antara pasir, tanah, dan humus serta jangan lupa kawat pengikat untuk membantu tanaman bisa tumbuh tegak.
  4. Langkah keempat dari cara budidaya pohon anting putri adalah dengan meletakkan bakalan bonsai tersebut dibawah paranet. Tujuannya supaya tidak terkena sinar matahari secara langsung. Biarkan tahap ini berlangsung selama 2 minggu.
  5. Selama 2 minggu tersebut, jangan lupa untuk selalu menyirami bonsai anting putri sekali dalam sehari. Penyiraman bisa dilakukan pada siang atau sore saja. Tujuannya tidak lain untuk menjaga kelembaban media tanamnya.
  6. Setelah menunggu selama 2 minggu biasanya bonsai tersebut akan mengeluarkan tunas dan juga bakal daun yang baru. Jika hal itu terjadi, tanaman akan siap untuk dijadikan desain bonsai.
Tahukah kamu jika pembuatan desain bonsai tanaman anting putri ini memerlukan keahlian khusus lho? Jadi, buat para pemula yang menginginkan hasil bonsal yang berkualitas silakan minta arahan dan juga bantuan dari teman-teman yang sudah berpengalaman.
Setelah memastikan tanaman anting putri tumbuh menjadi bonsai anting putri, jangan lupa dan abai dalam perawatannya. Hal ini penting supaya tampilan bonsal yang dihasilkan bisa sesuai dengan yang kita harapkan.
Misalnya saja jangan sembarangan dalam melakukan pemangkasan daun-daun bonsai yang mulai menguning. Mengapa? Bisa-bisa jika tidak benar, pemangkasan tersebut hanya akan merusak bentuk tajuknya. Selain cara budidaya pohon anting putri tersebut, kamu bisa juga mengembangkan tanaman lain untuk dijadikan taman seperti bunga krokot.
Jangan salah, jika perawatan dan penanamannya bagus, hasilnya tidak akan kalah indahnya dari tanaman bonsai anting putri.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url