10 Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan



Tanaman mahkota dewa pada awalnya hanya digunakan sebagai hiasan atau untuk peneduh jalan saja. Tanaman ini bisa tumbuh subur di berbagai kondisi tanah yang padat dan gembur. Pohon mahkota dewa bisa tumbuh setinggi 3 meter atau lebih dengan bagian daun hijau yang lebat. Buah akan menempel pada bagian batang dengan berkelompok atau sendiri. Buah memiliki warna hijau saat masih mentah dan akan berubah menjadi kemerahan saat sudah akan masak. Buah yang bisa dipetik dan memiliki aroma yang sangat harum.

manfaat buah mahkota dewaTanaman ini asli tumbuh di daerah Papua kemudian mulai berkembang ke berbagai daerah di Indonesia, karena bisa tumbuh cepat dan mudah. Tanaman mahkota dewa menjadi lebih terkenal setelah buah tanaman ini mulai dikembangkan sebagai bahan obat-obatan. Perawatan tradisional dengan buah mahkota dewa dimulai oleh orang China yang sangat kreatif dalam menemukan resep-resep baru perawatan penyakit. Sekarang kita bisa menemukan buah mahkota dewa yang sudah diolah menjadi berbagai bentuk obat.
Berikut ini adalah manfaat buah mahkota dewa sesuai dengan kandungan senyawa kimianya :
1. Detoksifikasi Tubuh
Tubuh kita menyerap berbagai jenis makanan dan minuman. Kita tidak pernah menyadari bahwa konsumsi berbagai jenis bahan makanan dan minuman juga bisa menjadi racun untuk tubuh, terutama makanan dan minuman yang banyak memakai bahan tambahan. Organ tubuh seperti ginjal dan hati berfungsi untuk menetralisir racun, tapi racun yang menumpuk dalam tubuh tidak bisa keluar semua. Jadi kandungan senyawa alkaloid dalam buah mahkota dewa bisa membantu mengeluarkan semua racun dalam tubuh.
2. Melawan Infeksi Bakteri dan Virus
Infeksi bakteri dan virus bisa menjadi masalah kesehatan yang berat. Bakteri dan virus bisa masuk ke tubuh manusia lewat makanan dan minuman yang terkontaminasi, udara dan berbagai sumber lain. Beberapa jenis penyakit yang mudah menyerang tubuh dan disebabkan oleh bakteri dan virus misalnya seperti penyakit tifus, kolera, TBC dan jenis lain. Manfaat buah mahkota dewa bisa meningkatkan sistem tubuh untuk melawan bakteri dan virus karena mengandung saponin.
3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Kekebalan tubuh memiliki peran yang sangat penting terutama untuk mempertahankan tubuh agar tidak terkena berbagai penyakit. Sistem kekebalan tubuh diperankan oleh antibody yang ada dalam tubuh kita sendiri. Jika tubuh lelah atau lemah maka mudah terserang penyakit sehingga Anda bisa mengkonsumsi buah mahkota dewa yang mengandung senyawa saponin. Bahkan konsumsi rutin juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.
4. Menurunkan Resiko Diabates
Penyakit diabetes disebabkan karena tubuh tidak bisa memproduksi insulin sebagai hormon yang mengatur persediaan kadar gula dalam darah menjadi energi tubuh. Diabetes juga bisa disebabkan karena tubuh mengalami resistensi insulin dimana insulin diproduksi berlebihan atau kekurangan dan tubuh tidak memiliki respon yang baik terhadap kadar gula darah. Saponin yang ditemukan pada manfaat buah mahkota dewa untuk diabetes ternyata juga bisa membantu tubuh dalam mengelola kadar gula dalam darah.
5. Menurunkan Resiko Pembekuan Darah
Saponin dalam buah mahkota dewa juga bisa digunakan untuk menurunkan resiko pembekuan darah. Tubuh akan membentuk respon yang sangat kuat ketika terjadi masalah pembekuan darah. Hal ini juga ikut melibatkan kesehatan jantung dan beberapa organ lain seperti ginjal, sistem syaraf, otak, empedu dan semua bagian tubuh. Darah berfungsi untuk mengedarkan semua zat makanan dan diserap oleh sel tubuh jadi jika terjadi masalah pembekuan darah maka bisa menyebabkan bahaya kesehatan yang cukup fatal.
6. Menurunkan Resiko Alergi
Alergi adalah sebuah reaksi tubuh yang terjadi karena tubuh membentuk sistem yang kuat terhadap reaksi bahan asing yang masuk atau terhirup ke dalam tubuh. Ada berbagai jenis alergi seperti alergi terhadap debu, zat asing, aroma tertentu, makanan tertentu dan berbagai sumber lain. Alergi bisa menyebabkan bahaya untuk tubuh terutama apabila sudah berpengaruh untuk organ bagian dalam. Kandungan polifenol dalam buah mahkota dewa memiliki manfaat untuk mencegah alergi dan menurunkan potensi resiko alergi. Secara umum buah mahkota dewa memiliki sifat antihistamin sehingga baik untuk mencegah alergi.
7. Mencegah Penyakit Penyumbatan Pembuluh Darah
Penyakit penyumbatan pembuluh darah biasanya menjadi salah satu resiko penyakit bagi orang yang memiliki beberapa masalah kesehatan seperti jantung, diabetes, hipertensi dan gagal ginjal. Pembuluh darah yang bekerja menuju jantung dan sistem syaraf pusat bisa tidak bekerja normal karena ada penumpulan plak atau zat asing dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan resiko penyakit jantung menjadi lebih tinggi. Kandungan flavonoid dalam buah mahkota dewa bisa digunakan untuk mencegah semua penyakit yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.
8. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol dalam tubuh sebenarnya berasal dari berbagai jenis makanan yang mengandung lemak. Lemak jenuh tidak bisa digunakan untuk tubuh sebagai sumber tenaga karena tubuh kita membutuhkannya dalam jumlah yang sangat kecil. Berbagai jenis makanan seperti makanan yang digoreng dengan minyak sawit, lemak dari daging dan dan berbagai sumber lemak lain memiliki banyak kolesterol. Kolesterol bisa menyebabkan beberapa potensi penyakit seperti jantung dan stroke. Manfaat buah mahkota dewa untuk kesehatan  bisa menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Kandungan senyawa flavonoid secara efektif bisa menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh.

9. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang sangat mengerikan. Ada beberapa jenis golongan penyakit jantung yang disebabkan karena kelainan jantung bawaan, kebiasaan konsumsi rokok dan alkohol, kebiasaan gaya hidup yang buruk dan konsumsi makanan yang berlemak. Semua jenis penyakit jantung yang disebabkan bukan karena faktor kelainan bisa diringankan dengan konsumsi buah mahkota dewa yang mengandung flavonoid.
10. Menurunkan Resiko Kanker
Kanker bisa menjadi salah satu penyakit yang sangat mengerikan. Penyakit ini disebabkan karena adanya zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan menyerang sel-sel yang sehat. Akibatnya maka sel-sel ini akan terus rusak dan menyebabkan timbulnya kanker. Kandungan flavonoid dalam buah mahkota dewa juga bisa menjadi salah satu sumber anti oksidan yang sangat baik untuk tubuh.
Efek Samping Pengobatan dengan Buah Mahkota Dewa
Pengobatan dengan buah mahkota dewa merupakan salah satu metode tradisional. Meskipun perawatan ini dianggap mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit, namun dibalik manfaat buah mahkota dewa juga memiliki efek samping yang harus dikenali.
Beberapa efek samping perawatan dengan mahkota dewa adalah:
  • Konsumsi berlebihan dan tidak sesuai dosis bisa menyebabkan kepala pusing, mengantuk hingga sakit kepala yang parah.
  • Buah mahkota dewa mengandung racun yang bisa menyebabkan penyakit untuk tubuh, karena itu dosis pemakaian dan cara konsumsi harus sesuai dengan aturan dari ahli dalam perawatan herbal.
  • Konsumsi buah mahkota dewa yang berlebihan juga bisa menyebabkan reaksi kejang dan kekurangan oksigen sehingga bisa pingsan.


Perawatan dengan buah mahkota dewa sebaiknya dilakukan dengan pengawasan dari ahli perawatan tradisional. Hal ini dilakukan untuk menghindari semua resiko dari beberapa efek samping buah mahkota dewa. Jadi, jika Anda ingin mengkonsumsi buah mahkota dewa maka sebaiknya lakukan dengan bijak dan mengikuti aturan dari ahlinya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url